HUBUNGAN ANTARA KETUBAN PECAH DINI (KPD) DENGAN KEJADIAN PERSALINAN PREMATUR DI RUMAH SAKIT BERSALIN PERMATA HATI KOTA METRO

  • admin admin
  • Yossinta Salindri

Abstract

Persalinan prematur adalah persalinan yang dimulai setiap saat setelah awal minggu gestasi ke-20 sampai akhir minggu gestasi ke-37. Kejadian persalinan premature berbeda pada setiap negara. Di Negara Maju angka kejadian persalinan premature berkisar antara 5-11%. Persalinan prematur disebabkan berbagai faktor, diantaranya yaitu umur, tingkat pendidikan, paritas, jarak kehamilan, riwayat abortus, KPD,  Gemeli dll. Bayi yang lahir secara prematur jika tak ditangani dengan benar, dalam jangka panjang, proses tumbuh kembang bayi prematur itu akan terganggu. Akibatnya, kualitas manusia Indonesia masa depan akan terancam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara KPD (Ketuban Pecah Dini) dengan kejadian persalinan prematur.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan stratifed random sampling dengan sampel yang akan diteliti yaitu sebanyak 335 ibu bersalin. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dengan menggunakan alat bantu lembar cheklist. Rumus yang digunakan yaitu analisis univariat dengan rumus distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan rumus chi square.


Berdasarkan analisis univariat diperoleh hasil penelitian bahwa dari 335 responden terdapat 307 (91,64%) ibu tidak mengalami persalinan prematur dan 28 (8,36%) ibu mengalami persalinan prematur. Dan dari 335 responden terdapat 241 (71,94%) ibu yang tidak mengalami KPD dan 94 (28,06%) ibu yang mengalami KPD. Sedangkan berdasarkan analisis bivariat diperoleh hasil nilai X2hitung (28,468) > X2tabel (3,84) dengan hasil p value: 0,000 < α 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara KPD (Ketuban Pecah Dini) dengan kejadian persalinan prematur dengan Nilai OR: 7,872.


Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah persentase ibu bersalin yang mengalami persalinan prematur adalah sebanyak 8,36%, dan KPD sebanyak 28,06%. Sedangkan berdasarkan analisis bivariate dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara KPD dengan kejadian persalinan prematur.


 


Kata Kunci : Ketuban Pecah Dini, Persalinan Prematur

Published
2020-09-25
How to Cite
ADMIN, admin; SALINDRI, Yossinta. HUBUNGAN ANTARA KETUBAN PECAH DINI (KPD) DENGAN KEJADIAN PERSALINAN PREMATUR DI RUMAH SAKIT BERSALIN PERMATA HATI KOTA METRO. Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 4, sep. 2020. ISSN 2541-5387. Available at: <http://jurnal.akbid-wirabuana.ac.id/index.php/jukes/article/view/115>. Date accessed: 28 jan. 2021.