HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PERKEMBANGAN BAYI USIA 6-12 BULAN DI KELURAHAN SUMBERSARI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMBERSARI BANTUL METRO SELATAN PERIODE FEBRUARI-APRIL TAHUN 2017

  • Hikmatul Khoiriyah Akademi Kebidanan Wira Buana

Abstract

ASI ekslusif merupakan makanan terbaik yang harus diberikan kepada bayi, karena di dalamnya terkandung hampir semua zat gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Cakupan ASI eksklusif tertinggi di dunia terdapat di Negara Korea yaitu sebesar 89%, dan terendah terdapat di Negara Inggris yaitu sebesar <1% sedangkan di Indonesia sebesar 32% (WHO 2013). Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan kota Metro, cakupan ASI eksklusif menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu dari 42,0 % pada tahun 2014 menjadi 45,5 % pada tahun 2015 dengan pencapaian ASI ekslusif tertinggi yaitu di Puskesmas Metro Pusat dengan jumlah bayi yang diberi ASI ekslusif sebanyak
64,0% dan cakupan terendah ke dua di Puskesmas Sumber Sari Bantul yaitu sebanyak 26,9%(Profil Kesehatan Kota Metro 2016).
Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian analitik dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh ibu yang memiliki bayi usia 6-12 bulan di Puskesmas Sumber Sari Bantul yaitu berjumlah 30 orang. Pengambilan sample menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan lembar KPSP dan buku KIA. Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat.
Hasil penelitian diketahui bahwa 60% bayi tidak mendapatkan ASI ekslusif dan 63.3% bayi perkembangannya sesuai usia. Berdasarkan hasil uji chi-square didapatkan nilai p-value = 0,028 hal ini lebih kecil dari 0,05 yang artinya ada hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan perkembangan pada bayi usia 6-12 bulan.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara ASI eksklusif dengan perkembangan bayi sehingga di sarankan kepada setiap ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya dan kepada petugas kesehatan meningkatkan upaya promotif sehingga semua bayi mendapatkan ASI eksklusif.

Published
2017-10-06
How to Cite
KHOIRIYAH, Hikmatul. HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PERKEMBANGAN BAYI USIA 6-12 BULAN DI KELURAHAN SUMBERSARI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUMBERSARI BANTUL METRO SELATAN PERIODE FEBRUARI-APRIL TAHUN 2017. Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 32, oct. 2017. ISSN 2541-5387. Available at: <http://jurnal.akbid-wirabuana.ac.id/index.php/jukes/article/view/20>. Date accessed: 14 dec. 2017.