KARAKTERISTIK IBU HAMIL YANG MENGALAMI ANEMIA DI PUSKESMAS BANJARSARI KOTA METRO

  • admin admin
  • Ria Muji Rahayu

Abstract

Prevelensi anemia menurut WHO pada ibu hamil di negara-negara berkembang sekitar 53,7% dari semua ibu hamil 63,5%. Masalah anemia pada ibu hamil karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Dampak dari anemia ini akan meningkatkan risiko bayi dengan berat lahir rendah, keguguran, kelahiran prematur dan kematian pada ibu dan bayi baru lahir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Karakteristik ibu hamil yang mengalami anemia di Puskesmas Banjarsari Tahun 2019.


Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah ibu hamil yang mengalami anemia yang berada di wilayah Kerja Puskesmas Banjarsari Tahun 2019 yang berjumlah 63 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Cara ukur yang digunakan dengan alat ukur berupa kuesioner dianalisa secara univariat dengan distribusi frekuensi


Hasil penelitian univariat menunjukkan  bahwa  karakteristik ibu hamil yang mengalami anemia. umur 20-35 tahun sebanyak 55 orang (85.9%). Paritas multipara sebanyak 35 orang (54.7%). Pendidikan dasar sebanyak 31 orang (48.5%), ibu  tidak bekerja sebanyak 53 orang (82.2%). jumlah zat yang diminum oleh ibu hamil kurang dari 90 tablet sebanyak 53 orang (82.8%) 


Kesimpulan penelitian ini diperoleh hasil bahwa karakteristik ibu hamil yang mengalami anemia diwilayah kerja puskesmas banjarsari yang terbanyak adalah umur 20-35 tahun, paritas multipara, pendidikan dasar, pekerjaan ibu yang tidak bekerja, jumlah tablet yang dikonsumsi kurang dari 90 tablet besi. untuk mencegah anemia ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi tablet zat besi lebih dari 90 tablet.


 


Kata Kunci : Karakteristik, Ibu Hamil, Anemia

How to Cite
ADMIN, admin; RAHAYU, Ria Muji. KARAKTERISTIK IBU HAMIL YANG MENGALAMI ANEMIA DI PUSKESMAS BANJARSARI KOTA METRO. Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 4, sep. 2020. ISSN 2541-5387. Available at: <http://jurnal.akbid-wirabuana.ac.id/index.php/jukes/article/view/112>. Date accessed: 28 jan. 2021.