HUBUNGAN PREMATURITAS DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA PADA BAYI BARU LAHIR DI RSUD JEND. AHMAD YANI KOTA METRO TAHUN 2016

  • Erma Mariam Akbid Wirabuana Metro

Abstract

Asfiksia merupakan keadaan dimana bayi baru lahir tidak dapat bernafas dengan spontan dan teratur setelah lahir. Faktor yang dapat menyebabkan asfiksia yang lebih signifikan adalah prematur. Dari data yang diperoleh di RSUD Jend. Ahmad Yani Kota Metro terdapat 102 (15%) bayi yang mengalami asfiksia dari 680 kelahiran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakahhubunganprematuritasdengankejadianasfiksia pada bayi baru lahir di RSUDJend. Ahmad Yani
Kota MetroTahun 2016. Ruang lingkup penelitian meliputi subjek yaitu seluruh bayi baru lahir, sedangkan objek yaitu hubungan prematuritas dengan kejadian asfiksia.
Metode penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan Cros sectional. Populasi dan sampel berjumlah 680 bayi dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Alat pengambilan data menggunakan lembar checklist. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat.
Hasil uji statistik di peroleh p-value = 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara prematur dengan kejadian asfiksia pada bayi baru lahir. Analisis keeratan hubungan diperoleh nilai OR = 12,959 artinya bayi prematur beresiko 12,959 kali lebih besar untuk mengalami asfiksia.
Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah terdapat hubungan prematuritas dengan kejadian asfiksia pada bayi baru lahir di RSUD Jend. Ahmad Yani Kota Metro tahun 2016. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi tenaga kesehatan untuk mengatasi kejadian prematur, sebagai dokumen dan bahan bacaan untuk menambah wawasan, serta memotivasi guna melakukan penelitian lebih lanjut.

Published
2017-10-06
How to Cite
MARIAM, Erma. HUBUNGAN PREMATURITAS DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA PADA BAYI BARU LAHIR DI RSUD JEND. AHMAD YANI KOTA METRO TAHUN 2016. Jurnal Kesehatan, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1, oct. 2017. ISSN 2541-5387. Available at: <http://jurnal.akbid-wirabuana.ac.id/index.php/jukes/article/view/16>. Date accessed: 14 dec. 2017.